Sumber gambar : pixabay |
Bagi yang ingin berprofesi sebagai
digital marketer, kamu bisa memilih
kuliah kelas karyawan jurusan marketing. Meski masuk kategori profesi
baru jika dilihat dari segi penamaan (sekitar tahun 2000-an), namun sebenarnya
profesi ini telah lama ada pada bidang bisnis.
Digital marketer merupakan orang
yang bekerja pada bidang promosi yang dijalankan secara online, cakupan nya sendiri lebih luas dibandingkan dengan bidang
marketing biasa. Karenanya profesi yang satu ini membutuhkan banyak keahlian,
seperti beberapa skill berikut ini:
SEO (Search Engine Optimization)
Kemampuan satu ini sangat
dibutuhkan jika menjadi seorang digital
marketer. Pasalnya SEO akan sangat berguna untuk mendongkrak bisnis online,
agar situs yang dimiliki bisa muncul pada halaman pencarian mesin pencari
(seperti Yahoo, Google, Bing, dan lainnya). Penggunaan single akan sangat
berguna untuk kegiatan promosi online,
karenanya seorang digital marketer
harus memahami kunci-kunci serta trik SEO yang digunakan.
Seo juga ditentukan banyak faktor
yang ada pada konten sebuah website, seperti penggunaan keyword, penggunaan meta title, penyisipan gambar, jumlah
kata, penggunaan keyword pada header
maupun title, dan masih banyak lagi.
Untuk memiliki keahlian satu ini, bisa diasah dengan mengikuti pelatihan blended learning yang banyak ditawarkan saat ini di berbagai portal.
Desain Grafis
Memiliki kemampuan desain grafis
sangat dibutuhkan oleh seorang digital marketer. Kemampuan yang satu ini sangat
penting, pasalnya saat ini informasi pemasaran tidak hanya dilakukan lewat
kata-kata namun juga lewat informasi visual. Terlebih, saat ini informasi
visual lebih bisa menggambarkan serta meninggalkan kesan yang mendalam
dibandingkan dengan kata-kata.
Keahlian satu ini sangat
diperlukan, pasalnya dengan memahami desain grafis seorang digital marketer
akan memahami pula tipe desain macam apa yang bisa menggoda konsumen. Tujuan
akhirnya tidak lain dan tidak bukan adalah agar konsumen membeli produk yang
ditawarkan.
Content Writer
Mahasiswa yang kuliah kelas karyawan tentu memiliki keahlian satu ini, keahlian dalam
bidang penulisan konten. Konten merupakan salah satu jenis informasi, di dunia
internet ada banyak sekali bentuk konten yang bisa digunakan oleh seorang digital marketer.
Untuk konten bisa berupa blog post, audio, video, social media post, dan lainnya, termasuk content writer (bidang konten berupa teks). Bukan hanya itu saja, content writer yang baik harus memiliki
pegangan kuat terhadap gaya basa serta tata bahasa yang digunakan.
Selain itu, seorang content writer juga harus memiliki
kemampuan riset, taat deadline, kemampuan dalam menulis, kreativitas yang
tinggi sehingga menghasilkan konten segar, dan memiliki pengetahuan yang luas
untuk subjek yang ditulis.
Analytics
Ada banyak keuntungan berbisnis di
era digital seperti saat ini, salah satunya karena banyaknya analytics tools yang bisa digunakan. Analytics tools ini akan sangat berguna
untuk membantu dalam hal pemantauan, selain itu alat tersebut juga bisa
digunakan untuk menganalisis campaign
pemasaran.
Menariknya lagi, berbagai tools yang tersedia juga bisa membantu
para digital marketer untuk memantau
berbagai data terkait jumlah pengunjung situs, performa produk, demografi
pembeli, dan hal lainnya yang berhubungan.
Berbagai data tersebut tentu
sangat penting, biasanya sebuah perusahaan akan melakukan pengambilan
keputusan. Berbagai data yang dikumpulkan akan sangat berguna dalam mengambil
keputusan terkait performa bisnis, khususnya dalam bisnis online. Saat ini ada banyak tempat kursus/pelatihan yang menawarkan
keahlian satu ini, termasuk diantaranya sistem blended learning.
Social Media
Jika tidak menguasai social media,
tentu akan sangat merugikan bagi seorang digital marketer. Saat ini kita
dikenalkan dengan berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram,
YouTube, dan sejenisnya, termasuk juga aplikasi instan (seperti WhatsApp, LINE,
dan lainnya). Seorang digital marketer bekerja pada kerumunan media sosial
tersebut, teknik pemasaran yang dipakai tentunya sangat berbeda dengan teknik
marketing tradisional terutama dalam hal promosi.
Kamu tentu pernah menemukan
seorang digital marketer yang bekerjasama dengan selebgram, tujuannya untuk
mempromosikan brand melalui platform Instagram. Contoh lainnya, seorang digital
marketer juga bisa mempromosikan produk lainnya dengan menggunakan video
seperti video YouTube.
Itulah beberapa keahlian yang
sebaiknya dimiliki oleh seorang digital
marketer, karena keahliannya sangat dibutuhkan untuk menunjang profesi yang
dijalankan. Dengan adanya skill
tersebut, tentunya akan memudahkan dalam menjalankan pekerjaan yang dilakukan.
Ada banyak cara untuk melatih keahlian tersebut, salah satunya dengan mengikuti
kuliah kelas karyawan pada bidang
yang dibutuhkan.
0 komentar:
Posting Komentar