Minggu, 24 November 2019

Skill Ini Wajib Dimiliki Oleh Seorang Digital Marketer, Sudah Tahu Skill Apa Saja?


Skill Ini Wajib Dimiliki Oleh Seorang Digital Marketer, Sudah Tahu Skill Apa Saja?
Sumber gambar : pixabay
Bagi yang ingin berprofesi sebagai digital marketer, kamu bisa memilih kuliah kelas karyawan jurusan marketing. Meski masuk kategori profesi baru jika dilihat dari segi penamaan (sekitar tahun 2000-an), namun sebenarnya profesi ini telah lama ada pada bidang bisnis.

Digital marketer merupakan orang yang bekerja pada bidang promosi yang dijalankan secara online, cakupan nya sendiri lebih luas dibandingkan dengan bidang marketing biasa. Karenanya profesi yang satu ini membutuhkan banyak keahlian, seperti beberapa skill berikut ini:

SEO (Search Engine Optimization)

Kemampuan satu ini sangat dibutuhkan jika menjadi seorang digital marketer. Pasalnya SEO akan sangat berguna untuk mendongkrak bisnis online, agar situs yang dimiliki bisa muncul pada halaman pencarian mesin pencari (seperti Yahoo, Google, Bing, dan lainnya). Penggunaan single akan sangat berguna untuk kegiatan promosi online, karenanya seorang digital marketer harus memahami kunci-kunci serta trik SEO yang digunakan.

Seo juga ditentukan banyak faktor yang ada pada konten sebuah website, seperti penggunaan keyword, penggunaan meta title, penyisipan gambar, jumlah kata, penggunaan keyword pada header maupun title, dan masih banyak lagi. Untuk memiliki keahlian satu ini, bisa diasah dengan mengikuti pelatihan blended learning yang banyak ditawarkan saat ini di berbagai portal.

Desain Grafis

Memiliki kemampuan desain grafis sangat dibutuhkan oleh seorang digital marketer. Kemampuan yang satu ini sangat penting, pasalnya saat ini informasi pemasaran tidak hanya dilakukan lewat kata-kata namun juga lewat informasi visual. Terlebih, saat ini informasi visual lebih bisa menggambarkan serta meninggalkan kesan yang mendalam dibandingkan dengan kata-kata.

Keahlian satu ini sangat diperlukan, pasalnya dengan memahami desain grafis seorang digital marketer akan memahami pula tipe desain macam apa yang bisa menggoda konsumen. Tujuan akhirnya tidak lain dan tidak bukan adalah agar konsumen membeli produk yang ditawarkan.

Content Writer

Mahasiswa yang kuliah kelas karyawan tentu memiliki keahlian satu ini, keahlian dalam bidang penulisan konten. Konten merupakan salah satu jenis informasi, di dunia internet ada banyak sekali bentuk konten yang bisa digunakan oleh seorang digital marketer.

Untuk konten bisa berupa blog post, audio, video, social media post, dan lainnya, termasuk content writer (bidang konten berupa teks). Bukan hanya itu saja, content writer yang baik harus memiliki pegangan kuat terhadap gaya basa serta tata bahasa yang digunakan.

Selain itu, seorang content writer juga harus memiliki kemampuan riset, taat deadline, kemampuan dalam menulis, kreativitas yang tinggi sehingga menghasilkan konten segar, dan memiliki pengetahuan yang luas untuk subjek yang ditulis.

Analytics

Ada banyak keuntungan berbisnis di era digital seperti saat ini, salah satunya karena banyaknya analytics tools yang bisa digunakan. Analytics tools ini akan sangat berguna untuk membantu dalam hal pemantauan, selain itu alat tersebut juga bisa digunakan untuk menganalisis campaign pemasaran.

Menariknya lagi, berbagai tools yang tersedia juga bisa membantu para digital marketer untuk memantau berbagai data terkait jumlah pengunjung situs, performa produk, demografi pembeli, dan hal lainnya yang berhubungan.

Berbagai data tersebut tentu sangat penting, biasanya sebuah perusahaan akan melakukan pengambilan keputusan. Berbagai data yang dikumpulkan akan sangat berguna dalam mengambil keputusan terkait performa bisnis, khususnya dalam bisnis online. Saat ini ada banyak tempat kursus/pelatihan yang menawarkan keahlian satu ini, termasuk diantaranya sistem blended learning.

Social Media

Jika tidak menguasai social media, tentu akan sangat merugikan bagi seorang digital marketer. Saat ini kita dikenalkan dengan berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan sejenisnya, termasuk juga aplikasi instan (seperti WhatsApp, LINE, dan lainnya). Seorang digital marketer bekerja pada kerumunan media sosial tersebut, teknik pemasaran yang dipakai tentunya sangat berbeda dengan teknik marketing tradisional terutama dalam hal promosi.

Kamu tentu pernah menemukan seorang digital marketer yang bekerjasama dengan selebgram, tujuannya untuk mempromosikan brand melalui platform Instagram. Contoh lainnya, seorang digital marketer juga bisa mempromosikan produk lainnya dengan menggunakan video seperti video YouTube.

Itulah beberapa keahlian yang sebaiknya dimiliki oleh seorang digital marketer, karena keahliannya sangat dibutuhkan untuk menunjang profesi yang dijalankan. Dengan adanya skill tersebut, tentunya akan memudahkan dalam menjalankan pekerjaan yang dilakukan. Ada banyak cara untuk melatih keahlian tersebut, salah satunya dengan mengikuti kuliah kelas karyawan pada bidang yang dibutuhkan.


0 komentar:

Posting Komentar